Minggu, 02 Agustus 2009

Korban Ke-28, Jangan Berusahan Menaklukan "DIA"

"DIA" dalam hal ini mempresentasikan sebuah Gunung di Jawa Timur, dengan puncak tertingginya yang merupakan daratan tertinggi di pulau Jawa, yups SEMERU dengan puncaknya MAHAMERU...

kenapa aku menulis tentang si Mbah MERU ini?
beberapa hari yang lalu tepatnya hari selasa 28 Juli 2009 aku mendengar kabar adanya seorang pendaki yang seorang mahasiswa FISIPOL UGM semester II yang hilang di Semeru, ketika melakukan pendakian ke Puncak bersama 5 pendaki lainya, dan berita sore ini tadi Andika Listiono Putra (20) Sudah Meninggal dunia, bersama rekan - rekannya korban sudah Mencius puncak pada selasa pagi, namun menjelang pukul 9 mereka turun karena kondisi di puncak sedang tidak bersahabat, karena ada badai yang membawa debu - debu berterbangan.

Andika dalam perjalanan turun tersebut berjalan paling belakang, dan musibah tersebut terjadi, karena badai yang membawa terbang debu menyebabkan pandangan kabur, menurut salah satu rekan pendaki, dia sempat mendengar andika berteriak "HEI..!!" namun teriakan hanya terdengar sekali, setelah itu rekan - rekan yang sudah mencapai arcopodo berusaha mencari andika ke atas karena andika bekum datang juga.

Pencarian tidak mendapatkan hasil, akhirnya mereka memutuskan untuk berjalan turun menuju pos perijinan di Ranu Pane untuk minta bantuan dari tim SAR, segera tim SAR Taman Nasional melakukan penyisiran, selang hari berikutnya dan seterusnya semakin banyak bantuan SAR dari UGM, maupun Tim SAR dari PMI dan organisasi SAR lainya.

Tadi sore membaca kabar dari sebuah alamat WEB, andika sudah ditemukan, sempat seneng juga, akhirnya dia ditemukan ( walaupun aku tidak mengenal dia namun aku bisa membayangkan perasaan dia sendirian di tengah GUNUNG ).

Inalillahi Wainailaihi Roji'un
Andika dinyatakan meninggal dunia, jasad andika ditemukan oleh tim SAR di Blank 75 yang merupakan kawasan jurang sekitar dua kilometer dari puncak Semeru, proses evakuasi masih belum bisa langsung dilakukan, karena andika ditemukan di kedalaman 75Meter di dalam jurang.

Andika yang merupakan anggota Kelompok Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup (KPALH) Setrajana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM tersebut bila di catat merupakan korban ke 28 dari Ganasnya medan dan alam Gunung Semeru, sampai saat ini tercatat sudah 24 orang pendaki gunung meninggal ketika mendaki ke puncak Mahameru dan tiga orang pendaki yang hilang saat melakukan pendakian dan tidak ditemukan sampe saat ini, dengan catatan tersebut andika merupakan korban ke 28. Dan juga masih dengan catatan tersebut, korban pertama dalam pendakian ke Puncak Semeru adalah SOE HOK GIE.

"Jangan berusaha menaklukkan Alam, Karena kamulah yang akan takluk kepada Alam"
"Berusaha menjaga dan mengenal alam kita dengan mencapai puncak - puncak tertinggi"


SALAM RIMBA...!!!!
SALAM LESTARI...!!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar