Rabu, 15 April 2009

Efek Rumah Kaca (ERK): Lirik Cerdas, Musik Cerdas, kritik Keras


Mungkin pertama menedengar nama grup band baru kita akan malas, mungkin kita udah bosen dengan munculnya band2 baru dan mengusung lagu2 dengan nada2 minor, lirik apa adanya, dan musik yang mendayu – dayu yang semakin mennegaskan kalau kita ini orang melayu padahal kita ini orang Indonesia (bukan melayu, jawa, batak, irian, bali ato apapun).

Coba dengar lagu – lagu dari grup band ini, aku sarankan juga dengerin liriknya baik – baik, atau nyari aja lirik lagunya (udah banyak di blog2 tetangga). Grup band yang digawangi oleh Cholil Mahmud (Vokal), Akbar (Basis), Andrian (Drum)yang merupakan penganut Indie ini benar – benar melihat semua permasalahan yang ada di sekitar kita tanpa menutup – nutupi dan mencoba membuat halusinasi demi menutupi semua kekurangan di sekitar kita. Menggunakan bahasa Indonesia yang sangat indah dan merangkainya dengan begitu anggun, menunjukkan bahwa mereka memang pintar dalam meramu setiap kata – kata dalam bahasa Indonesia mmenjadi ramuan cerdas.

Pertama mendengar musik mereka kita akan langsung teringat dengan grup legendaries RADIOHEAD ataupun MUSE, musik yang unik dan vocal TOM Yorke dari RADIOHEAD yang begitu melengking mempesona, dan MUSE yang juga memiliki musik yang aneh membuat musik dari ERK juga begitu aneh bagi orang – orang penggemar musik melayu dengan lirik apa adanya tadi. Album pertama mereka Self Titled memulai pergerakan pemberontakan terhadap semua kebohongan di masyarakat, megandalkan single di Udara mereka menggebrak, lagu yang di persembahkan untuk MUNIR sang Aktivis HAM yang meninggal dunia ketika perjalanannya ke belanda merupakan lagu yang pertama aku dengar, dan merupakan lagu yang membuat aku langsung jatuh cinta ma ini band

Ku bisa tenggelam di lautan
Aku bisa diracun di udara
Aku bisa terbunuh di trotoar jalan

Tapi aku tak pernah mati
Tak akan berhenti..

Penggalan lirik dari lagu di Udara ini bila kita resapi akan memberikan efek semangat yang luar biasa, kita bisa mati, namun semangat dan pemikiran kita tidak akan mati.

Mereka adalah penyelamat industri musik Indonesia. Sound simpel yang dibalut dengan lirik-lirik yang puitis dan cerdas adalah kelebihan mereka..mereka brilliant….!!!!!

Salute….

Untuk review album akan kita bahas di lain kesempatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar